All About Maternity

Tuesday, December 20, 2005

Stretch marks Bukan monopoli wanita hamil

Stretch marks
Bukan monopoli wanita hamil

Keluhan ini bisa terjadi pada siapa saja, terutama pada ibu hamil.
Bagaimana kita menyamarkannya ?

Stretch marks yang terlihat seperti bekas parutan berwarna putih ini memang tidak sedap dipandang mata. Sayangnya, tidak ada cara yang bisa menghilangkannya secara permanen. Namun jangan khawatir masih ada usaha-usaha untuk menyamarkannya.

Apa itu stretch marks ?
Stretch marks yang juga disebut striae distensae sering diasosiakan dengan kehamilan atau kegemukan. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Kehamilan dan kegemukan memang faktor yang mempengaruhi timbulnya stretch marks. stretch marks merupakan hasil peningkatan sirkulasi hormon glucocorticoids yangterjadi pada masa kehamilan, pertumbuhan, dan peningkatan atau penurunan berat badan dalam waktu yang singkat.

Hormon yang terdapat di aliran darah ini dihasilkan oleh kelenjar adrenal, yang terletak diatas ginjal. Peningkatan hormon ini berpengaruh pada kulit dalam membentuk kolagen dan serat elatsin, yang dibutuhkan untuk menjaga kekenyalan kulit. Akibatnya kulit dermis meregang dan terkoyak.

Saat elastisitas kulit hilang datau rusak atau serta kolagen tertarik secra berlebihan, akan menimbulkan bekas yang terlihat pada lapisan epidermis atau lapisan kulit paling luar.

Untuk lebih jelasnya perlu diketahui kulit terdiri dari tiga lapisan
- lapisan epidermis, lapisan paling atas kulit yang berfungsi mengunci kelembaban dan menangkal masuknya racun ke dalam tubuh.
- Dermis, lapisan tengah dimana kulit memproduksi kolagen dan serat elastin yang berfungsi untuk membuat kulit tetap kenyal.
- Hypodermis lapisan terakhir yang terdiri dari lemak dan jaringan.

Pada awal timbulnya, stretch marks berwarna kemerahan. Namun bagi orang yang mempunyai warna kulit gelap, tanda merah ini bisa jadi tidak terlihat. Secara bertahap, biasanya memakan waktu bertahun-tahun, warna kemerahan ini menjadi rata dan warnanya berubah menjadi putih atau lebih terang dari warna kulit.

Jika anda melihat stretch marks dibawah mikroskop, akan terlihat bahwa dermis yang terkena stretch narks lebih tipis dibanding yang normal. Serat kolagen telah terpisah satu sama lain, dan serat elastis rusak serta menggumpal.

Dimana Tempat favorit stretch marks ?
stretch marks bisa muncul dimana saja. Tapi tempat favorit stretch marks adalah dimana lemak dismpan seperti perut, payudara, lengan atas, paha dan, pantan.

Apakah stretch marks bisa dihilangkan ?
Tidak Bisa. Tidak ada krim yang bisa menghilangkan stretch marks. Krim yang dijula di pasaran tidak akan bisa menjangkau sampai ke lapisan dermis dimana stretch marks terjadi. Bahkan dokter yang paling kompeten pun tidak bisa menjanjikan kulit anda akan mulus seperti semula. Krim-krim yang dijual dipasaran hanya bisa menyamarkan stretch marks.

Apakah stretch marks dapat dicegah?
Pencegahan sulit dilakukan tapi ada hal-hal tertentu yang bisa membantu. Pijat kulit denagn gerakan memutar, oleskan krim pelembab kedaerah yang dibutuhkan untuk membuat kulit tetap kencang. Juga komsumsi makanan yang memberi kontribusi pada kesehatan terutama yang mengandung vitamin C, E, zinc, dan silica ( yang membantu pembentukan kolagen)

Apa yang dapat dilakukan ?
Keberhasilan dalam mengurangi dan menyamarkan stretch marks tergantung usianya. Semakin lama stretch marks itu tidak tertangani, maka akan semakin sulit disamarkan. Jika diketahui sejak dini, stretch marks dapat diminimalisasi dengan bantuan krim pelembab.

Bagi yang tidak mempunyai masalah dengan financial, perawatan dari perancis yuang disebut dengan endermologie. Perawatannya dalam bentuk memijat dan mengelupas daerah kulit yang bermasalah. Tujuan perawatan ini hanyalah meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan.

Bedah laser bisa menjadi pilihan untuk mengurangi stretch marks yang sudah sangat parah. Atau bisa juga menjalani perawatan microdermabrasion. Kedua perawatan tersebut memakan biaya yang tidak sedikit dan harus dilakukan oleh dokter yang berkompeten.

Pilihan lain dan mungkin yang terbaik adalah berdamai dengan stretch marks. Bagaimanapun, stretch marks tidak membahayakan bagi kesehatan. Ini hanyalah masalah estetika. Namun selama anda merasa nyaman dengan tubuh anda, stretch marks tidak menjadi masalah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home